Postingan

Sabtu, 05 Juni 2010

Palestina vs Israel

konflik antara paletina dan israel tidak pernah ada habisnya. islam dan yahudi. seya sempat berfikir kenapa orang-orang yahudi tidak pernah ada habisnya membuat perang. padahal jika tanpa perang tentu saja dunia ini akan lebih damai. selain itu banyak pula warga kristen yang ada di palestina yangOtoritas Israel sendiri sering menolak orang Arab Palestina beragama Kristen yang sudah keluar dari tanah Israel dan ingin kembali. Hanan Ashrawi, anggota perunding Palestina yang beragama Kristen memiliki putri yang kemudian sekolah di Amerika Serikat, dan ketika si putri menikah dan memiliki anak di sana, dan ingin membawa anaknya menengok neneknya, ia yang adalah penduduk Palestina ditolak kependudukannya dan hanya diberikan visa masuk Israel selama sebulan.

Yang menarik, orang Yahudi sendiri yang beragama Yahudi yang menolak perang dengan Palestina juga sering dilempari batu oleh kaum radikal Israel. Perang Israel Hamas bukanlah perang agama karena sebagian orang Israel sekarang tidak beragama Yahudi melainkan sudah menjadi sekuler. Yang jelas perang di Timur Tengah adalah perang perebutan tanah. ikut menjadi korban.

tidak hanya itu seharusnya kristen juga harus menelaah lagi apakah sikap keberpihakannya kepada israel benar atau tidak? karena perang bukaanlah salah satu cara untuk menciptakan perdamaian. perdamain tercipta apabila ada tenggang rasa antar umat beragama.

memang benar, sikap tenggang rasa antar umuat beragama sangat penting. apabila sikapt ini tercipta pada masing-masing individu, selaing menghormati dan sailng mengasihi, tentu perdamaian bukan hanya impian kosong belaka.

1 komentar:

come....come......