Postingan

Sabtu, 05 Juni 2010

BAB 5

A. KEINDAHAN
Kata keindahan berasal dari kata indah, yang artinya bagud, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tatanan, perabot rumah tangga, suara, dan lain-lain.
Perbedaan keindahan menurut luasnya pengertian, yakni:
a) Keindahan dalam arti luas
b) Keindahan dalam arti estetis murni
c) Keindahan dalam arti terbatas dala hubungannya dengan penglihatan
Pengertian keindahan yan seluas-luasnya meliputi :
• Keindahan seni
• Keindahan alam
• Keindahan moral
• Keindahan intelektual
Jadi keindahan adalah sejumlah kwalita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kwalita yang paling sering disebut adalah kesatuan(unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance) dan perlawanan (contrast). Keindahan tersusun dari keselaran dan kebaikan garis, warna, bentuk, nada dan kata-kata.
Nilai estetik adalah nilai berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan. Nilai ekatrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana yang bersifat sebagai alat atau membantu. Nilai intrinsic adalah sifat baik dari segala benda yang bersangkutan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yangindah. Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dana menikmati sesuatu yang indah.
Motivasi dan tujuan seniman menciptakan keindahan :
1) Tata nilai yang telah using
2) Kemerosotan jaman
3) Penderitaan manusia
4) keAgungan Allah
ranungan berasala dari kata renung yang artinya diam-diam memikirkan sesuatu. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori yaitu:
• teori pengungkapan yaitu dalil teori ini bahwa “art is an expression of human feeling”( seni adalah pengungkapan dari perasaan manusia) terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan suatu karya seni.
• Tori metafisi ialah salah satu teori tertua, yakni berasal dari plato yang karya-karya tulisannya untuk sebagian membahas estetik filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni.
• Teori psikologis yaitu teori yang bergerak diatas taraf manusiawi dengan konsepsi-konspsi tentang ide tetinggi atau kehendak semesta umumnya ridak memuaskan karena terlampau abstrak dan spekulatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

come....come......