Postingan

Sabtu, 17 April 2010

BAB 9. MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. PENGERTIAN MANUSIA
Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah, keadaan wajibmenanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawa menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menannggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab.
B. MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab dapat dibedakan menurut keadaan manusiia atau hubungan yang di buatnya. Yaitu:
a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawa terhadap diri sendiri menuntut kesadaran sebagai manusia pibadi. dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut sifat dasarnya manusia adalah makhluk bermoral, tetapi juga seorang pribadi.
b. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama naik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.
c. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah setiap segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
d. Tanggung jawab kepada Bangsa /Negara
Tiap manusia, tiap individu adalah warga Negara suatu Negara. Dalam berpikir, berbuat dan bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat ileh Negara. Jika manusia salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.
e. Tanggung jawab terhadap Tuhan\
Manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang di tuangkan dalam berbagai kitab suci. Pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut akan segera di peringatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspin manusia juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan.

C. PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
a. Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
b. Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsure keikhlasn yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atau kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

come....come......